Bupati Rembang H.Abdul Hafidz,S.Pd.I Sabtu (29/9) canangkan kampung Keluarga Berencana (KB) di RW 6, Desa Sekarsari, kecamatan Sumber. Kegiatan yang dikemas dalam Pencanangan Kesatuan gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), kesehatan tingkat kabupaten Rembang tahun 2018 dilaksanakan di balai desa setempat.

Bupati berharap di Sekarsari bisa menjadi pelopor program KB dari kalangan laki-laki. Sampai saat belum ada sekitar 100 pria yang ber KB. Adanya kampung KB ini memang diharapkan bisa menekan laju pertumbuhan penduduk.

“Kalau KB di kalangan wanita ini sudah memasyarakat, harapannya warga Sekarsari bisa mempelopori KB bagi kalangan laki-laki. Saat ini belum ada 100 targetnya 10 ribu pria yang KB. KB ini penting untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, karena kalau tidak dikontrol nanti bisa berdampak pada ekonomi maupun sosial,” ungkapnya.

Ketua pelaksana – Nyonya Hasiroh Hafidz mengatakan kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK dan KKBPK tingkat kabupaten Rembang bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang berkualitas dalam program pemberdayaan kesehatan keluarga, kependudukan KB dan pemenuhan keluarga serta kesehatan warga.

Bupati menerangkan sejak tahun 2016 di kabupaten Rembang terdapat 48 kampung KB. Sementara desa Sekarsari di tahun ini masuk di urutan angka ke-11 dari 14 kecamatan.

Bupati mengungkapkan berdasarkan data yang ada laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Rembang di bawah 2 persen. Pasalnya dari usia subur 137 ribu jiwa penduduk kabupaten Rembang yang melaksanakan KB sebanyak 106 ribu jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *