Seusai mengisi acara halo Bupati di SMAN 1 Sumber, Rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang yang dipimpin oleh Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengunjungi sejumlah rumah warga yang roboh terkena angin puting beliung belum lama ini di Kecamatan Sumber dan Kaliori, Jumat (13/12).

Didampingi Asisten II Sekda Rembang Abdulah Zawawi beserta dinas terkait, Bupati Hafidz sambangi satu per satu rumah korban untuk memberikan bantuan.

Sebelumnya, Hujan disertai angin kencang melanda tiga Kecamatan wilayah Kabupaten Rembang Rabu (11/12) lalu, yang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan beberapa rumah roboh. Berdasarkan data Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, ada tiga Kecamatan yang menjadi perlintasan angin, diantaranya Kecamatan Rembang, Kecamatan Kaliori dan Kecamatan Sumber.

Seusai kunjungannya di beberapa lokasi rumah korban, Bupati Rembang H. Abdul Hafidz mengatakan, hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kecamatan Sumber dan Kaliori menyebabkan beberapa rumah warga roboh dan sebagian kondisinya miring. Tidak hanya itu, kandang ternak milik warga juga ikut ambruk terkena kencangnya angin.

Dalam hal ini, pemkab Rembang memberi bantuan untuk meringankan beban para warganya yang menjadi korban. Total bantuan yang akan dikucurkan untuk para korban bencana mencapai Rp. 250 juta. Tidak hanya uang bantuan logistik pun diserahkan kepada para korban.

Jumlah uang bantuan yang diberikan untuk setiap rumahnya mencapai kurang lebih Rp. 30 juta. Dana tersebut tidak hanya dari pemkab saja, tetapi juga dari bantuan CSR beberapa perusahaan yang ada di Rembang.

“Kita harapkan supaya legowo semua karena ini musibah. Pemerintah akan tetap berupaya untuk mengembalikan kondisi masyarakat agar kesusahannya tidak berkepanjangan. Jadi kalau miskin jangan sampai tambah miskin, kalau asalnya kaya ya jangan miskin. Kita terus tanggap agar semua bisa kembali seperti semula,” ujar Bupati Hafidz.

Salamun (51), salah seorang warga di Desa Kuangsan Kecamatan Kaliori yang rumahnya roboh terkena angin puting beliung mengaku sangat bersyukur mendapat kunjungan dan bantuan dari pemerintah daerah. Dirinyapun berharap bantuan dari pemerintah cepat tersalurkan agar ia dapat membangun rumahnya kembali.

“Inginnya agar cepat-cepat terlaksana dan punya tempat tinggal yang layak ditempati. saya merasa alhamdulillah dan sangat gembira sekali,” pungkasnya

Selain mendatangi korban yang rumahnya roboh saat di desa kuangsan, Bupati juga mengunjungi tiga rumah warga yang kondisinya tidak layak untuk dihuni. Orang nomor satu di Rembang itu pun meminta Kepala Desa untuk memprioritaskan dana bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada tiga rumah tersebut karena kondisinya cukup memprihatinkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *